Resep Membuat Siomay Ayam Udang yang Enak dan Lezat

Resep Membuat Siomay Ayam Udang yang Enak dan Lezat - Tak perlu jauh ke negeri Tiongkok untuk bisa menyantap sajian yang satu ini, Siomay Ayam Udang. Perpaduan seaafod dan ayam membuat sajian yang satu ini sangat pas disajikan panas dengan cocolan saus. Sebagai pelengkap siomay disajikan bersama sayuran rebus, kentang rebus, telur rebus kemudian disiram dengan bumbu kacang dan tak lupa perasan jeruk limo.


Bahan-bahan :

- 30 buah
- 500 gr paha ayam
- 250 gr udang
- Secukupanya kulit pangsit basah (saya coba 2 variasi kulit tebal & tipis)
- 3 sdm tepung maizena
- 5 sdm tepung bakwan (bisa diganti tepung terigu)
- 1 buah daun bawang
- 100 gr jamur kuping (potong kecil-kecil)
- 1 buah wortel (potong dadu)
- 1 buah telur (ambil putihnya)
- 3 sdm saus tiram
- 1 sdt garam
- 2 sdm gula
- 2 sdm kecap asin
- 1 sdt ladaku
- 3 sdm bon cabe level 15 (bisa skip)


Bumbu halus:


- 5 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih

Cara Membuat :

- 120 menit
Pisahkan ayam dari tulangnya kemudian cincang sampai halus (bisa diblender). Bersihkan udang, buang kulit dan kepalanya kemudian cincang halus.

- Masukkan ayam dan udang yang sudah dicincang ke dalam wadah beserta bumbu halus dan daun bawang kemudian aduk sampai rata

- Masukkan tepung maizena, tepung bakwan, putih telur, jamur, wortel, saus tiram, gula, garam, bon cabe, ladaku, dan kecap asin lalu aduk sampai rata dan kalis. Bila kurang kental takaran tepung bakwan bisa ditambah.

- Kemudian masukan isi siomay ke dalam kulitnya lalu dibentuk sesuai selera. Letakkan di atas piring atau cetakan (kalau ada).

- Kukus siomay selama 20 - 30 menit. Beri sedikit minyak pada alas pengukus agar siomay tidak menempel di dasar saat diangkat.

- Setelah siomay matang sempurna, angkat lalu hidangkan bersama saos asam manis. (kalau kulit pangsit yang dipakai agak tebal dijadikan pangsit goreng juga enak banget)